Kamis, 23 Februari 2012

Finishing

Finishing mengacu pada semua kegiatan yang dilakukan pada bahan cetak setelah pencetakan. Ini termasuk mengikat, pengikatan lembaran individu bersama-sama, dan proses dekoratif seperti mati-stamping, embossing atau laminating.
Finishing dapat berupa:
  • proses in-line - yang berarti bahwa unit melekat pada akhir mesin cetak melakukan operasi finishing. Ini biasanya terjadi dengan menekan web serta menekan digital banyak.
  • proses off-line - yang berarti bahwa pencetakan dan finishing adalah proses benar-benar terpisah.
Tinjauan bawah proses finishing daftar utama.

Penjilidan proses

Pemotongan dan pemangkasan

Saham kertas mungkin perlu dipotong atau dipangkas lebih dari sekali selama produksi pekerjaan:
  • Kadang-kadang kertas yang ada dalam stok terlalu besar dan perlu dipangkas sebelum mencetak pekerjaan.
  • Ketika tanda tangan beberapa digabungkan pada satu lembar pers, sheet itu perlu dipotong setelah pencetakan.
  • Lembar mungkin perlu dipangkas agar sesuai dengan mesin lipat atau peralatan penjilidan lainnya.
  • Setelah melipat dan mengikat sisi terikat perlu dipangkas. Untuk buku ini sering dilakukan dengan pemotong tiga pisau, yang memiliki tiga bilah untuk secara bersamaan memangkas tiga sisi.
An operator setting up a guillotine cutter Pemotongan dan pemangkasan biasanya dilakukan dengan menggunakan pemotong guillotine. Tumpukan lembaran ditempatkan di atas tempat tidur pemotong dan pemotongan pisau miring stainless steel melalui itu pada posisi yang diinginkan. Semua tumpukan selanjutnya sering ditempatkan di pelari, meja bergetar yang kotak tumpukan lembaran.

Melipat

Untuk majalah, buku, ... lembar pers besar perlu dilipat ke tanda tangan. Hal ini melibatkan serangkaian sudut kanan lipatan di mana lembaran dilipat beberapa kali. Melipat lembar sekali membuat empat halaman, dua sudut kanan lipatan membuat delapan halaman, ...
Jenis pekerjaan lain membutuhkan lipatan paralel di mana dua atau lebih lipatan yang berorientasi ke arah yang sama yang dibuat pada sheet. Hal ini biasanya dilakukan untuk selebaran atau brosur. Beberapa jenis umum lipatan adalah:
  • akordeon kali lipat atau fanfold
  • gatefold yang
  • di atas-dan-lebih kali lipat
  • flip Perancis
  • lipatan surat
Ada dua jenis umum mesin lipat: folder pisau, juga dikenal sebagai folder sudut kanan, dan folder gesper. Secara umum folder pisau yang digunakan untuk saham yang lebih berat, sementara folder gesper digunakan untuk jenis kertas yang lebih ringan.

Menyusun dan mengumpulkan

Proses ini melibatkan menempatkan (dilipat) lembar dalam urutan yang benar. Collation mengacu pada pemilahan lembaran individu menjadi set. Banyak printer laser dan mesin fotokopi memiliki fungsi collation. Pertemuan adalah proses yang serupa tetapi melibatkan tanda tangan dilipat. Gathering mesin memiliki hingga tiga puluh slot atau kantong di mana tanda tangan diberi makan secara manual atau secara otomatis. Mesin kemudian mengumpulkan tanda tangan ke dalam apa yang dikenal sebagai blok buku. Mesin tersebut juga dapat memiliki fungsi mengikat, seperti misalnya seorang penjahit.

Mengikat

Ada berbagai cara lembaran mengikat bersama. Di bawah ini adalah teknik yang paling umum digunakan:
  • Sempurna mengikat: Halaman adalah tetap untuk penutup atau tulang belakang menggunakan lem. Proses ini digunakan untuk buku-buku novel, majalah, panduan telepon, ...
  • Saddle-jahitan: Halaman terikat dengan mengemudi staples melalui pusat tulang belakang lembaran dilipat. Teknik kawat mengikat umumnya digunakan untuk majalah, newsletter, katalog kecil, ... tetapi terbatas dalam jumlah halaman yang dapat terikat.
  • Side-jahitan: Jenis mengikat kawat kurang umum daripada sadel jahitan. Staples didorong melalui halaman, biasanya sejajar dengan margin yang mengikat. Laporan sering terikat dengan cara ini.
  • Benang jahit: Seutas benang atau tali yang digunakan untuk menjahit blok buku bersama. Hal ini sering dilakukan bersamaan dengan menggunakan perekat. Benang jahit digunakan untuk buku hardcover. Setelah itu sampul buku terpasang menggunakan teknik yang disebut kasus mengikat. Seperti mengikat kawat, ada dua jenis benang jahit: sadel jahit dan jahit samping.
  • Sisir mengikat: Gigi dari 'sisir' plastik dimasukkan ke dalam serangkaian celah dibor atau menekan ke dalam tumpukan lembaran. Proses ini sering digunakan untuk laporan dan presentasi.
  • Spiral mengikat: Sebuah kawat terus menerus atau kumparan plastik berulir melalui lubang dibor atau menekan ke dalam tumpukan lembaran. Mengikat spiral biasanya digunakan untuk notebook.
  • Lepas mengikat: Satu set lubang yang dibor di tumpukan lembaran yang kemudian dimasukkan ke dalam cincin pengikat standar atau disesuaikan atau pengikat pos. Teknik mengikat digunakan untuk notebook, presentasi, laporan keuangan, manual atau jenis publikasi yang memerlukan update yang sering.
  • Padding: pengikatan tumpukan lembaran terikat menggunakan perekat fleksibel sehingga lembaran dapat dengan mudah dihapus. Notepad adalah contoh yang khas padding.

Dekorasi proses

Embossing dan debossing

Embossing adalah proses penambahan gambar bantuan ke penutup buku atau bahan cetak lainnya. Terkadang tinta atau foil digunakan untuk aksen gambar lega. Saat gambar yang dicap dibiarkan apa adanya, ini disebut embossing buta. Debossing adalah sebaliknya, menciptakan citra cekung pada substrat.

Foil stamping

Spesial bisa menjadi eyecatcher nyata ketika diterapkan pada buku atau sampul majalah. Hal ini terutama berlaku untuk foil logam yang memantulkan cahaya dan menambahkan cahaya keperakan atau keemasan. Foil tersebut diterapkan menggunakan pola pada mati panas yang menekan gulungan foil terhadap substrat. Menambahkan foil dapat dikombinasikan dengan embossing dalam proses yang disebut timbul foil.

Lapisan

Ada berbagai jenis pelapis yang dapat diterapkan pada barang cetakan. Ada yang berbasis air dan mengambil waktu untuk kering, yang lain seperti pelapis ultraviolet kering ketika terkena cahaya atau panas. Berbagai jenis coating meliputi:
  • Pernis melindungi dan juga memiliki tujuan dekoratif. Tergantung pada efek yang perlu dicapai ini dapat menjadi pelapis mengkilap atau matte. Kadang-kadang pernis tidak diterapkan ke seluruh permukaan tetapi hanya digunakan untuk membuat gambar tertentu, logo atau kolom teks menonjol. Hal ini disebut pernis spot.
  • Primer digunakan untuk meningkatkan penerimaan tinta atau untuk memfasilitasi penerapan jenis lain dari pelapisan.
  • Untuk lapisan penghalang kemasan meningkatkan ketahanan terhadap oksigen, air atau bahan kimia.

Laminating

Laminating mengacu pada ikatan bahan yang terpisah atau lapisan material terhadap barang cetakan. Jenis yang paling umum dari laminating yang menyegel cetak antara dua lapisan dari bahan plastik. Sebuah contoh khas dari menu ini adalah kartu untuk restoran yang sering perlu untuk menjadi kokoh dan air-bukti.

Ujung pewarnaan

Tepi-tepi halaman-halaman buku atau katalog kadang-kadang diwarnai untuk menandai bagian yang berbeda. Hal ini disebut pewarnaan tepi. Penyepuhan adalah kasus khusus dari pewarnaan tepi di mana daun emas diterapkan pada tepi buku.

Konversi

Konversi mengacu pada semua operasi finishing yang mengubah sepotong dicetak ke dalam bentuk lain fisik. Ini termasuk bagmaking dan boxmaking tapi proses yang lebih umum seperti penjilidan, waxing, coating, laminating, perekatan lipat, atau die-cutting juga dianggap mengubah operasi.

Lain finishing operasi

Die memotong

Barang cetakan berbentuk tidak teratur seperti tatakan gelas atau label dipotong dari substrat dalam proses yang disebut diecutting. Mati ini berisi pisau atau aturan kekusutan yang telah disusun khusus untuk bentuk tertentu.

Pengeleman

Produk seperti amplop, perangko atau label harus memiliki perekat moistenable diterapkan.

Pengindeksan

Pengindeksan mengacu menambahkan tab indeks plastik atau pemotongan indeks jempol ke tepi cetak. Ini dapat membantu pembaca menemukan informasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar